MULTIMETER DIGITAL MATI

0 Comments

MULTIMETER DIGITAL MATI

            
Kemarin saya ada servisan tv. Pada saat pengukuran elco 47/160v menggunakan multimeter digital andalan ku, ada sedikit kecelakaan. Waktu saya melakukan pengukuran elco tsb dengan multitester terdengar bunyi craak… ternyata elco yang aku ukur masih bermuatan listrik!.. otomatis multimeterku langsung matot, “wah nombok nih, gara-gara multitester mati” pikirku.
Tanpa piker panjang langsung aku bongkar multimeter itu, aku amati jalurnya. Ternyata jalur untuk pengukuran kapasistansi kapasitor menuju ke IC LM324 SMD. Lalu aku lepas itu IC, aku coba on kan multimeter ternyata multimeter bisa hidup normal kecuali untuk mengukur kapasitornya error. Aku coba cari LM324 SMD di board bekas VCD, DVD tidak ada, aku coba ganti dengan IC LM324 yang ada dipasaran walaupun agak ribet karena harus dijumper pakai kabel yang kecil-kecil. Setelah selesai masang itu ic, aku coba melakukan pengukuran kapasitor ternyata 100% sukses….. gak jadi nombok deh…

Rajaampau

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.