TV SHARP WONDER suara bagus, gambar tidak ada

0 Comments


TV SHARP WONDER suara bagus, gambar tidak ada.
Beberapa waktu lalu ada servisan tv sharp milik Bp Anto, Talang kalijirak.Tv ini memakai TDA9381/ix3368 dengan problem osd dan gambar tidak ada tapi suara normal,tombol panel &remot berfungsi. Langkah pertama ku  solder ukang bagian yang terlihat retak, cek tegangan heater, supply RGB normal.  CRT aku cek juga masih ok. Pegecekan berlanjut kejalur ABL, disini aku dapati kapasitor C 602nilainya 100nf dekat flyback keadaan short, trus langsung ku ganti, tv coba ku nyalakan gambar muncul namun Cuma samar. Aku cek tegangan dijalur abl sudah normal.
 Penelusuran berlanjut kejalur RGB ,sampai ke IC prosesor ix3368 aku cek semua tegangan supli nya aku temukan kejanggalan di pin nomer 14 & 39 yang seharusnya 8v, Cuma terukur 6,7v. Langsung aja ku telusuri jalurnya ternyata menuju IC605 yaitu 7808 yang sudah loyo.
Setelah aku ganti dengan yang baru, lalu kucoba nyalakan tv ternyata tv sudah  bisa normal kembali, dilanjut running test beberapa jam dan tidak bermasalah, aku tutup casing & nunggu tv di ambil sama yang punya.

Rajaampau

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.